Selasa, 29 November 2011

NEW HOMETOWN : BARRU, SULAWESI SELATAN

Setelah kurang lebih setahun di PLTU lontar di tangerang, suami harus pindah ke kabupaten barru di sulawesi selatan. yang biasanya bisa pulang tiap hari atau 2 hari sekali sekarang 2 minggu sekali paling cepet. sediiiih bgt...
Kabupaten Barru ini berjarak 2 jam dari kota makassar. Semakin jauh aja dari rumah. untungnya disana sinyalnya bagus dan di sediain internet dr kantor, jadi bisa membantu komunikasi kita. 
Untuk mencapai kabupaten Barru gak susah. keluar dari bandara tinggal berdiri aja di pinggir jalan, nanti bakal banyak mobil2 pribadi yang nawarin untuk nganterin kita. Didalem mobil itu kita gak sendirian banyak orang2 yang semobil dengan kita. Mobilnya dari luar sih bagus, kaya avanza, apv, atau kijang, tapi dalemnya amburadul, tapi sesuai dengan harga yg ditawarkan berkisar 20rb sampai 50rb. 
Barru termasuk daerah yang sepi. Siang hari di kota Barru sama malem hari sama aja. gak banyak orang berkeliaran, begitupula dengan mobil-mobilnya. sempet kaget juga waktu sampai sana soalnya beda banget dengan kota-kota di jawa. 
Satu hal yang gak terlupakan adalah Barru itu panaaaassss banget. Bener-bener kaya sauna, cuma duduk diem aja, kita bisa basah kuyup keringat. cocok buat yg mau kurus, dan bikin gw makin ceking. beruntung banget rumah tempat tinggal suami disana bagus dan modern banget. soalnya kebanyakan rumah-rumah disana masih berbentuk rumah panggung. Rumah panggungnya lucu-lucu karena mempunyai bentuk dan warna yang beraneka ragam. Tapi gak kebayang tinggal disitu, pasti luar biasa panasnya. 
Makanan-makanan disana gak jauh dari makanan makassar kaya coto,konro, dan ikan-ikanan, tapi gak sedikit juga makanan jawa, ternyata banyak orang jawa juga yang transmigrasi ke Barru. Ada yang lucu dari makanan di sulawesi selatan, semua makanan yang dihidangkan selalu diberi sop bening. mulai dari makan ikan sampe ayam goreng. pernah kita pesen ikan bakar dan minta untuk gak dikasih sop, dan lucunya si pelayan bertanya "trus makannya apa?" trus gw jawab " ya makan ikannya aja mba". aneh kan, jd menurut mereka kalo gak ada sop sama aja ga makan. hahhahaha...
Seperti kabupaten lainnya, kabupaten barru ini kecil banget. ga ada deh mall kaya di makassar atau bahkan supermarket besar. diBarru cuma ada toko seperti indomaret yang namanya Pasaraya, Bank yang ada disana cuma BNI dan BRI aja. Hiburan untuk warga disana cuma ada pantai yang juga ga terlalu bagus. kalo gak salah pantai Ujung Batu namanya. gw sempet berfoto disana di sore hari. sepanjang pantai itu anak-anak muda disana nongkrong tiap sore ngeliat sunset.
                                                             pantai ujung batu



1 komentar: